Senin, 05 Oktober 2009

macam-macam isp di indonesia

DNET

D~NET adalah salah satu merek dagang PT. Core Mediatech yang merupakan penyelenggara jasa internet di Indonesia yang berpusat di Jakarta. Berdiri di tahun 1995, D~NET merupakan salah satu ISP pertama di Indonesia.


MELSA

Melsa atau PT Melvar Lintasnusa adalah perusahaan Penyedia Layanan Internet (ISP) yang berkembang di Bandung sejak 1995.

Melsa merupakan salah satu perintis Penyelenggara Jasa Internet (ISP) di Indonesia, merupakan perintis keempat di Indonesia dan pertama di Bandung. Pada awalnya, Melsa bernama Bandung Interchange Network (BIN), yang memberikan layanan surat elektronik komersial terbatas pertama di Indonesia pada tahun 1992. Berbekal pengalaman BIN ini, pada 15 Desember 1995 kemudian diubah menjadi penyedia layanan internet akses yang sebenarnya dan diberi nama Melsa-i-net, hingga Juli 2004.

Pada 15 Juli 2004 Melsa-i-net berganti nama menjadi Melsa ISP.



VIPNET

VIPNET

PT. Pasifik Lintas Buana (VIP NET), adalah suatu perusahaan penyedia jasa layanan Internet (ISP) yang didirikan pada Oktober 2001 dengan SIUP: 0158/09-01/PB/XII/2001.

Dengan izin Modern Licensing ISP no. 236/Dirjen/2003 pada Maret 2003 VIPNET resmi beroperasi, dengan tujuan untuk membangun masyarakat Internet Indonesia, VIPNET menyediakan layanan bagi pelanggannya dengan berbagai fasilitas dan Solusi Internet yang inovatif, dengan teknologi yang unggul dan didukung dengan para team yang berpengalaman di bidangnya.

VIPNET memperluas misinya untuk menjadi operator telekomunikasi yang melayani kebutuhan telekomunikasi yang berkualitas dan Internet yang mendewasakan dan mengedepankan masyarakat. VIPNET bertekad untuk tidak hanya melayani 23-juta populasi Sektor Pendidikan tetapi juga untuk melayani Indonesia.


Internet Service Provider Indonesia

Di sekitar tahun 1994 mulai beroperasi IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya. IndoNet merupakan ISP komersial pertama Indonesia. Pada waktu itu pihak POSTEL belum mengetahui tentang celah-celah bisnis Internet & masih sedikit sekali pengguna Internet di Indonesia. Sambungan awal ke Internet dilakukan menggunakan dial-up oleh IndoNet, sebuah langkah yang cukup nekat barangkali. Lokasi IndoNet masih di daerah Rawamangun di kompleks dosen UI, kebetulan ayah Sanjaya adalah dosen UI.

Akses awal di IndoNet mula-mula memakai mode teks dengan shell account, browser lynx dan email client pine pada server AIX.

Mulai 1995 beberapa BBS di Indonesia seperti Clarissa menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri. Dengan memakai remote browser Lynx di AS, maka pemakai Internet di Indonesia bisa akses Internet (HTTP).

Perkembangan terakhir yang perlu diperhitungkan adalah trend ke arah e-commerce dan warung internet yang satu & lainnya saling menunjang membuahkan masyarakat Indonesia yang lebih solid di dunia informasi. Rekan-rekan e-commerce membangun komunitasnya di beberapa mailing list utama seperti warta-e-commerce@egroups.com, mastel-e-commerce@egroups.com, e-commerce@itb.ac.id & i2bc@egroups.com.


Bhakti Wasantara Net

PT Bhakti Wasantara Net adalah sebuah perusahaan penyedia internet Indonesia yang didirikan pada 2 April 2001. Pada awalnya perusahaan ini merupakan bagian dari PT Pos Indonesia yang ingin mengembangkan jaringan intranet untuk kantor pos di seluruh Indonesia.


Rahajasa Media Internet

PT Rahajasa Media Internet (Radnet) adalah sebuah perusahaan penyedia internet Indonesia yang didirikan pada November 1994.

Salah satu produk perusahaan ini adalah netDSL yang merupakan penyediaan sambungan internet berbasis ADSL.

Tidak hanya menyelenggarakan servis Net DSL, akan tetapi Radnet memprovide koneksi internet menggunakan media fiber optic, wireless, VSAT dan Frame Relay. bandwidth yang di sediakan pun tergantung kebutuhan. dari 64 Kbps sampai 2 Mbps atau lebih.


Layanan

Telkom menyediakan jasa telepon tetap kabel (fixed wireline), jasa telepon tetap nirkabel (fixed wireless), jasa telepon bergerak (mobile service), data/internet serta jasa multimedia lainnya.

Berikut adalah beberapa layanan telekomunikasi Telkom:

Telepon

  • Telepon tetap (PSTN), layanan telepon tetap yang pernah menjadi monopoli Telkom di Indonesia
  • TelkomFlexi, layanan telepon fixed wireless CDMA

Data/Internet

  • TelkomNet Instan, layanan akses internet dial up
  • TelkomNet Astinet, layanan akses internet berlangganan dengan fokus perusahaan
  • Speedy, layanan akses internet dengan kecepatan tinggi (broad band) menggunakan teknologi ADSL
  • e-Business (i-deal, i-manage, i-Settle, i-Xchange, TELKOMWeb Kiostron, TELKOMWeb Plazatron)
  • Solusi Enterprise - INFONET
  • TELKOMLink DINAccess
  • TELKOMLink VPN IP, layanan komunikasi data any to any connection berbasis IP MPLS.
  • TELKOMNet Whole Sale (VPN Dial), Layanan akses dial up ke intranet suatu perusahaan yang dilakukan secara remote dan mobile melalui jaringan data berbasis TCP IP (MPLS/tunneling) pada TELKOMNet.
  • TELKOM ISDN, jaringan digital yang menyediakan layanan telekomunikasi multimedia, merupakan pengembangan dari sistem telepon yang telah terintegrasi.

Satelit



Kusmayanto Kadiman

Noia 64 mimetypes shellscript.png
Kualitas artikel atau bagian artikel ini rendah karena menggunakan istilah hiperbolis.
Anda dapat membantu Wikipedia dengan membuang istilah-istilah tersebut.
Broom icon.svg
Artikel ini perlu dirapikan agar memenuhi standar Wikipedia
Merapikan artikel bisa berupa membagi artikel ke dalam paragraf atau wikifikasi artikel. Setelah dirapikan, tolong hapus pesan ini.
Kusmayanto Kadiman
Kabinet kusmayanto.jpg
Lahir 1 Mei 1954
Flag of Indonesia.svg Bandung, Indonesia
Pekerjaan Menteri Negara Riset dan Teknologi
Suami/Istri Rr. Sri Sumarni
Anak Nuki H. Kadiman, Tantri I. Kadiman, Didong G. Kadiman

Kusmayanto Kadiman, PhD. (lahir di Bandung, Jawa Barat, 1 Mei 1954; umur 55 tahun) adalah Menteri Negara Riset dan Teknologi dalam Kabinet Indonesia Bersatu. Kusmayanto menikah dengan Rr. Sri Sumarni dan memiliki dua putra, yaitu Nuki H. Kadiman dan Didong G. Kadimanserta, seorang putri, Tantri I. Kadiman.

Kusmayanto Kadiman biasa disapa dengan KK (baca : Kaka). Sebagai seseorang yang lama berkecimpung di bidang teknologi, KK memiliki perhatian utama agar IPTEK dapat menjadi mesin utama pembangunan ekonomi berkesinambungan. KK menjadikan hal tersebut sebagai misi utamanya sebagai Menegristek.

Tugas sebagai pembantu Presiden telah dipenuhinya dengan corak kerja yang mendukung komersialisasi IPTEK. Kusmayanto mempergunakan konsep triple helix ABG (Academicians, Businessmen, dan Government) sebagai landasan untuk mencapai sasaran pemberatasan kemiskinan di antara masyarakat. Formulasi ABG menjamin agar tiga unsur masyarakat tersebut dapat saling bersinergis satu sama lain untuk mendukung komersialisasi IPTEK. Sebelum menjadi seorang Menteri, Kusmayanto menjabat sebagai Rektor Institut Teknologi Bandung selama hampir tiga tahun.

Memperoleh gelar doktor dalam bidang Systems Engineering dari Australian National University (1988), KK percaya bahwa kerjasama Internasional adalah sangat penting bagi pembukaan berbagai peluang untuk promosi dan penjualan produk IPTEK domestik, sekaligus sebagai pemercepat proses pembelajaran yang dilakukan. KK dikenal sebagai figur pemimpin yang selalu menyempatkan waktu mengambil berbagai perspektif Internasional dalam menghasilkan pelbagai kebijakan dan keputusan yang diambil.

Golf dan tenis dimanfaatkan KK sebagai kesempatan menjalin dan memperluas jejaring kebertemanan dan sekaligus menjaga kebugaran dan stamina.



Speedy

Logo Speedy

Speedy adalah layanan akses internet end-to-end berkecepatan tinggi dari PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (PT. TELKOM), berbasis teknologi akses Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL), yang memungkinkan terjadinya komunikasi data dan suara secara bersamaan (simultan) melalui satu saluran telepon biasa (pada media jaringan akses kabel tembaga).

Tidak seperti layanan akses internet dial-up (seperti TelkomNet Instan), dengan mempergunakan Speedy, saluran telepon tetap dapat dipergunakan untuk menelepon bersamaan dengan akses internet. Untuk dapat menikmati fasilitas saluran telepon dan internet secara simultan, pelanggan Speedy harus mempergunakan splitter yang dapat memisahkan saluran telepon dan saluran modem. Splitter ini biasanya sudah tersedia dalam paket penjualan modem ADSL.


Indonesia Internet Exchange

Indonesia Internet Exchange atau (IIX) merupakan tempat terhubungnya berbagai ISP(Internet Services Provider), penyedia layanan internet di Indonesia, sebut saja CBN, 3G-Net, Indosat M2, Telkomnet Instant dan lain-lain. Berdasarkan arti kata exchange berarti pertukaran sedangkan internet adalah kependekan dari Interconnection Networking. Dengan adanya IIX sambungan internet yang ada di Indonesia tidak harus berputar-putar melalui jalur yang ada di luar negeri dulu, baru kembali lagi ke Indonesia. Konsep penggabungan jalur berbagai ISP ke dalam suatu wadah dalam satu negara yang ada di Indonesia ini, merupakan yang pertama kali di dunia.



1 komentar: